Pola Manajemen Koperasi

Pola manajemen Koperasi



Putri Nurul Hidayah 
2EB12
2421780

Pengertian Manajemen

a. Menurut Marry Parker Follet manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
b. Menurut Luther Gulick adalah suatu bidang ilmu pengetahuan maksudnya adalah manjemen memerlukan disiplin ilmu-ilmu pengetahuan lain dalam penerapannya.

manajemen didefinisikan sebagai proses karena manjer, tanpa memperdulikan kecakapan atau keterampilan khusus.

Pengertian Koperasi

koperasi suatu badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebgai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotannya secara khusus dan masyarakat secara umum.

Rapat Anggota

Rapat anggota merupakan syarat bagi badan usaha yang bernama koerasi. Rapat anggota merupakan forum tertinggi koperasi yang dihadiri oleh anggota sebagai pemelik. wewenang rapat anggota adalah memeilih,meningkatkan, memberhentikan pengurus dan pengawas. dan tugas rapat anggota adalah membahas pertanggung jawaban penurus dan pengawas untuk tahun buku yang bersangkutan.

Pengurus

pengurus koperasi adalah suatu perangkat organisasi koperasi yang merupakan suatu lembaga struktur organisasi koperasi. kedudukan pengurus sebagai pemegang kuasa rapat anggota memiliki tugas dan wewenang yang ditetapkan oleh undang-undang 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian, anggaran dasar dan anggaran ruah tangga serta peraturan lainnya yang berlaku dan diputiskan oleh rapat anggota. dalam pasal 30 diantarannya juga disebutkan bahwa pengurus bertugas mengelola koperasi dan usahannya.

Manajer

Manajer adalah seorang anggota organisasi yang bertugas mengarahkan, memadukan, mengawasi dan meengkoordinasikan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh anggota organisasi yang lain. karakteristiknya adalah tujuan yaitu suatu mengenal visi, sasaran, dan program-program yang ingin dilaksanakan diorganisai, manusia yaitu sumber daya yang menjalankan serangkaian sasaran yang telah disusun sebelumnya.

Pendekatan sisttem pada koperasi

Menurut Draheim koperasi mempunyai sifat ganda yaitu:
– organisasi dari orang-orang dengan unsure eksternal ekonomi dan sifat-sifat social (pendekatan sosiologi).
– perusahaan biasa yang harus dikelola sebagai layaknya perusahaan biasa dalam ekonomi pasar (pendekatan neo klasik)
Interprestasi dari Koperasi sebagai Sistem
Kompleksitas dari perusahaan koperasi adalah suatu sistem yang terdiri dari orang-orang dan alat-alat teknik. Sistem ini dinamakan sebagai Socio technological system yang selanjutnya terjadi hubungan dengan lingkungan sehingga dapat dianggap sebagai sistem terbuka, sistem ini ditujukan pada target dan dihadapkan dengan kelangkaan sumber-sumber yang digunakan.
Cooperative Combine
– System sosio teknis pada substansinya, sistem terbuka pada lingkungannya, sistem dasar target pada tugasnya dan sistem ekonomi pada penggunaan sumber-sumber.
Sumber
https://vanezintania.wordpress.com/2010/12/24/pendekatan-sistem-pada-koperasi/
Arifin Sito dan Halomoan Tamba. 2001. Koperasi, Teori dan Praktek. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat Dari Sisi Perusahaan