Evaluasi Keberhasilan koperasi dilihat dari sisi anggota

Evaluasi keberhasilan Koperasi Dilihat Dari Sisi Anggota



PUTRI NURUL HIDAYAH
2EB12
24217780
Efek-efek ekonomis

salah satu hubungan penting yang harus yang dilakukan koperasi adalah dengan para anggotannya yang kedudukannya sebagai pemilik sekaligus pengguna koperasi.
motivasi ekonomi anggota sebagai pemilikik akan mempersoalkan dana yang telah diserahkan, apakah menguntungkan atau tidak. sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang jasa, menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual/pembeli diluar koperasi.

pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahan koperasi :
1. jika kegiatan tersebut esuai dengan kebutuhannya
2. jika pelayanan itu ditawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan dibanding yang diperoleh dari pihak-pihak lain diluar negri.

Efek harga dan Efek biaya

sedangkan tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa faktor diantarnnya besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun nonmartif.
motivasi utilitarian sejalan dengan kemenfaatan ekonomis. kemmanfaatan ekonomis yang dimaksud adalah yang insentif berupa pelayanan barang jasa oleh perusahan koperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya dan atau diperoleh harga menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.


Analisis Hubungan Efek Ekonomis dan Keberhasilan Koperasi

dalam badan usaha koperasi, laba bukanlah satu-satunya yang dikejar oleh manajemen, melainkan juga aspek pelayanan. fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinnya. semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang diterima oleh anggota.
keberhasilan koperasi ditentukan oleh salah satu faktpnya adalah partsipasi anggota dan partisipasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang didapat oleh anggota tersebut.


Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan

disebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi, terutama tantangan-tantangan kompertitif, pelayanan koperasi terhadap anggota harus secara kontinu disesuaikan.
Ada dua faktor yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotannya.
1. Adanya tekanan persaingan dari orgnisasi lain.
2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban. perubahan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang ditawarkan oleh koperasi.





sumber
Arifin sitio dan Halomoan Tamba.2001.koperasi, Teori dan Praktek. Jakarta: penerbit Erlangga
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat Dari Sisi Perusahaan